Senin, 27 April 2020

Sejarah Perangkat Lunak dan Jenis Software pada Komputer

Nama : Alvin Alfarino
Nim    : 8020190241
Kelas  : 01PT2




Sejarah Perangkat Lunak :

Pengelompokan Software atau Perangkat Lunak - Teknologi Informasi

Pada saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya. Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang di bagi menjadi beberapa era, yaitu:

Era Pemula/ Pioneer (1950-1963)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.

Era Stabil (1963-1980)

Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

Era Mikro (1980-1990)

Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.

Era Modern (1990-sekarang)

Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.

Semakin tahun perangkat lunak akan selalu berkembang dengan update-an terbarunya dan tampilan barunya yang lebih praktis dan mudah dipergunakan.

Macam Jenis Sofware Pada Komputer :

1. Freeware

Freeware adalah sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya. Namun jika aplikasi pengembang berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware akan memberi kode sumbernya .Contonya adalah :Winamp,Avira,Ccleaner,Line for Pc.
  • winamp : Pemutar musik dan video
Blog Teknologi Komputer dan Internet: Sejarah Winamp : Dari Awal ...

2. Shareware

Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya ketersediaan, fungsinya, serta kenyamanan yang sayangnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.Contohnya adalah : WinRAR,Microsoft Office.
  • Microsoft Office : Paket aplikasi perkantoran
Microsoft Office Professional plus 2016 (ORIGINAL) - Afri.work

3. Firmware

Firmware adalah sebuah perangkat lunak yang letaknya berada pada ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, dan tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya seperti EEPROM atau flashROM. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.Contohnya adalah  bios,uefi.
  • BIOS
Pengertian BIOS adalah: Fungsi, Komponen, dan Jenis-Jenis BIOS

4. Commercial software

Commercial Software (software berbayar) adalah perangkat lunak yang disalurkan atau dibuat untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya, bisa langsung kepada developers (pengembang) software, atau kepada rekanan dari pengembang software tersebut. pengguna yang menggunakan software berbayar biasanya tidak dilegalkan untuk menyebarluaskan atau membagikan ulang software yang sudah dibeli lisensinya secara bebas tanpa ijin dari penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya adalah Microsoft Visual Basic NETAdobe PhotoshopCorel Draw dan masih banyak lagi yang lainnya. Commercial Softwarejuga dilindungi oleh undang-undang hak cipta, dan untuk mendapatkannya kita harus membeli. Software ini dilarang keras untuk diperbanyak (secara ilegal pastinya).
  • Adobe Photoshop
Adobe Photoshop CS6 Full Version | Shopee Indonesia

5. Free software

Free Software adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga dapat disebarluaskan secara gratis.Contohnya : google chrome,mozila firefox,Uc browser dan lainya.
  • Google Chrome
Simpan Sandi di Google Chrome Tidak Aman | Republika Online

6. Open source software

Open Source Software Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan. Karena sifat software yang satu ini terbuka, sehingga pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka.Contohnya : XAMPP,NotePad,Audacity,Linux,Oscommerce.

  • Audacity

7. Malware

Malware adalah Salah satu perangk,at lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer, jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini yaitu kuda troya, perangkat iklan, cacing komputer, rootkit, dan perangkat lunak jahat lainnya.Contohnya : Worm,Wabbit,Spyware,Ransomware dll.
  • Ransomware
Ransomware – What to do when you are attacked - Orlando, Maitland ...



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar